Senin, 09 Januari 2012

Jadwal Pendaftaran SNMPTN 2012 Jalur Undangan Mulai 1 Februari

Jadwal SNMPTN 2012 Undangan SEMARANG, suaramerdeka.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Undangan berdasarkan penjaringan prestasi akademik direncanakan dibuka mulai 1 Februari 2012.


Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Agus Wahyudin mengemukakan hal itu, di kampus Sekaran, Kamis (5/1). Dia menyampaikan, informasi awal tersebut diterima dari panitia pusat SNMPTN 2012.

"Jalur ini merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tulis/keterampilan. Disamping itu, jalur ini tidak termasuk dalam penelusuran minat dan bakat, sehingga tidak ada tes keterampilan," jelasnya.

Jalur undangan ini dibuka agar dapat memberikan kesempatan kepada semua anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi. Selain itu, juga memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kepala sekolah untuk menjadi bagian dari pelaksanaan seleksi awal di tingkat sekolah.


"Dengan demikian, para pendaftar atau calon mahasiswa harus mendapatkan rekomendasi dari kepala SMA/SMK/MA/MAK masing-masing. Sebab, kepala sekolah yang akan melakukan pemeringkatan terhadap siswanya sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional 2012," kata Agus.

Secara mekanisme dalam pendaftaran jalur undangan, siswa pelamar dapat memilih maksimal dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diminati dan dua program studi pada tiap-tiap PTN. Hal ini karena, urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.


Informasi dan daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur ini, yaitu di alamat http://undangan.snmptn.ac.id. "Mungkin sekarang laman tersebut belum dibuka, namun tak lama lagi pasti akan aktif," tandasnya.



( Anggun Puspita / CN31 / JBSM )

Info : http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2012/01/05/106038/Pendaftaran-SNMPTN-2012-Jalur-Undangan-Mulai-1-Februari

1 komentar: